Mahasiswa Fakultas Teknik ikut Baksos dalam rangka Hari Habitat Dunia

 

Ternate (1/10/2018)|Mahasiswa Fakultas Teknik ikut berpartisipasi dalam Gerakan Bersih Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Wilayah Sungai Maluku Utara, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Gerakan Bersih lingkungan ini difokuskan pada dua kelurahan yang menjadi prioritas penanganan masalah kebersihan kota, yaitu pada kelurahan Makassar Timur dan kelurahan Soasio. Mahasiswa fakultas Teknik yang ikut terlibat dikerahkan untuk membersihkan lingkungan di Kelurahan Makassar Timur.

Kegiatan bersih lingkungan ini dilakukan untuk mengangkut sampah-sampah yang berada di bawah kolong permukiman di atas air, mengingat permukiman disini tergolong kumuh dan kotor, namun memiliki karakteristik yang unik, yakni satu-satunya permukiman yang berada di atas air dan berada di pusat kota. Gerakan bersih lingkungan berlangsung dari pagi hingga pukul 12.00 WIT.

Tujuan kegiatan ini menurut Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Nani Nagu, ST, MT adalah sebagai bentuk kolaborasi antara instansi pemerintah dan akademisi yang diharapkan dapat bersinergi untuk pembangunan di kota Ternate khususnya dalam penanganan masalah sampah perkotaan. Melalui kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan kepedulian mahasiswa dalam melestraikan dan menjaga lingkungan. Lebih lanjut menurut beliau, direncanakan bulan depan akan dilakukan Gerakan Bersih Lingkungan dan Penataan Permukiman menjadi Kampung Wisata yang difokuskan juga di Kelurahan Makassar Timur yang nantinya akan melibatkan seluruh mahasiswa Fakultas Teknik, dan masyarakat sekitarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *