PEKAN KREATIFITAS MAHASISWA TEKNIK ARSITEKTUR

Himpunan Mahasiswa  Arsitektur (HIMA) Fakultas Teknik Universitas Khairun melakukan kegiatan tahunan  Pekan Kreatifitas Arsitektur dalam rangka pengabdian pada masyarakat  di wilayah Weda.

Kegiatan pekan kreatifitas Arsitektur ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 28 sampai dengan 31 Agustus 2019, bertempat di Gedung Kesenian, Weda, Kabupaten Halmahera Tengah. Mengusung tema “Eksistensi Arsitektur Local Wisdom Dalam Pembangunan di Era Post Modern”, kegiatan Himpunan Mahasiswa Arsitektur ini bertujuan memperkenalkan sekaligus menghidupkan kembali budaya lokal dan pelestarian keilmuan kearsitekturan melalui kegiatan pekan kreatifitas arsitektur ini.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Bapak sekda Halmahera Tengah. Turut menghadiri Kabag Humas Pemkab Halteng , Kadis kebudayaan Pemkab Halteng, Kepala kepolisian resort Halteng,  Komandan Daerah Militer Halteng, Masyarakat Halteng , siswa siswi sekolah menengah,  para alumni Fakultas Teknik dan Ketua serta dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Khairun.

Dalam sambutannya ketua panitia Muhammad Jedar Ali Ibu, menyatakan bahwa tema yang digagas eksistensi arsitektur lokal wisdom dalam membangun di era post modern merupakan kearifan lokal setempat, bahwa di kota Weda adalah fogo-goru merupakan suatu lokal wisdom yang diciptakan untuk mengapresiasikan tentang rasa sayang, rasa memiliki, rasa saling jaga merawat gamrange (tiga negeri, Maba, Patani dan Weda)’’

Lokal wisdom ini bertanda bahwa adanya dorongan penyadaran terhadap masyarakat di era modern yang saat ini telah melupakan jati diri. Namun dengan tema yang diangkat ini mahasiswa Arsitektur kembali menghidupkan budaya dan jati diri  negeri.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Arsitektur bukan hanya menampilkan karya seni tetapi juga ikut melestarikan budaya lokal yang ada di daerah Maluku Utara khusus di Weda.

Pekan kreatifitas Arsitektur ini sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Maluku Utara.

 

Salam Lestari

Jaya Hima Fatek

#Teknikbisa

#Teknikkompak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *